Kamar Perdata
Tempat Lahir Mojokerto
Tanggal Lahir 26/09/1957
Jenis Kelamin 1
Rekam jejak pekerjaan kariernya dimulai dengan menjadi pengacara dan dosen. Kini ia tercatat sebagai dosen tetap Universitas Brawijaya, Malang. Pasca reformasi, ia dipilih menjadi Ketua Komisi Pengawasan dan Persaingan Usaha (KPPU). Syamsul lalu menjadi hakim agung pada 2008 lalu.
Pelanggaran kode etik Ya. "Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Syamsul Ma'arif dinilai tak pantas menjadi hakim agung karena terbukti melakukan pelanggaran kode etik dan diduga memiliki keterlibatan kuat dalam kasus korupsi dengan terdakwa mantan Ketua KPPU M Iqbal. Hal ini disampaikan Ketua LBH BUMN Habiburochman dan Ketua Federasi Serikat Pekerja BUMN Bersatu Arif Poyuono yang tergabung dalam koalisi LSM Indonesia Developments Monitoring (IDM) di Jakarta. Menurut IDM, ketika Syamsul menjabat sebagai anggota KPPU pada tahun 2006 dan menangani kasus Temasek, Syamsul melakukan pertemuan dengan orang-orang Temasek, bahkan mengadakan pertemuan dengan FSP BUMN Bersatu sebagai pelapor. Hal ini tentu saja dapat memengaruhi independensi Syamsul.
Tahun pelanggaran kode etik 2007
Sanksi yang diterima Tidak disebutkan sanksi aoa yang diterima
LHKPN Patuh selama 4 tahun belakangan ini tetapi tidak melaporkan harta kekayaan pada tahun 2017,2016,2015,2014,2013,2012.
Kekayaan harta kekayaan dinilai wajar bahkan harta kekayaannya naik turun setiap tahunnya.
Putusan Kontroversial Putusan No 179 PK/Pdt.Sus/2012. Pendaftaran merek 'KOPITIAM' terus menuai kontroversi karena kopitiam berarti 'kedai kopi'. Terlebih Mahkamah Agung (MA) menyatakan merek 'KOPITIAM' adalah merek eksklusif Alex Abdul Soelystio dan memerintahkan pemilik kafe lain dengan embel-embel 'Kopitiam' untuk berganti nama. Salah satu kejanggalan putusan MA tersebut adalah sikap hakim agung Syamsul Maarif. Dia mengadili sengketa 'KOPITIAM' pada 2013 dan pada 2015. Pada 2013, hakim agung Syamsul membolehkan kafe 'Kok Tong Kopitiam' karena tidak memiliki persamaan pada pokoknya dengan merek 'KOPITIAM', tapi pada Januari 2015 lalu, ia menyatakan kedai 'Lau's Kopitiam' memiliki persamaan dengan 'KOPITIAM'.
Link Media https://news.detik.com/berita/d-2889587/gagal-paham-putusan-kopitiam-ala-hakim-agung-syamsul-maarif

Berikan Masukan